Latihan tes psikotes penalaran interpretasi data ini merupakan lanjutan soal dari latihan tes psikotes interpretasi data dan grafik yang juga terdiri dari 10 soal psikotes pilihan ganda. Silakan, kamu masih bisa mengerjakannya sebelum masuk ke soal bagian ke-2 ini.

Tes Psikotes Penalaran Interpretasi Data

Didalam soal dan latihan tes psikotes penalaran interpretasi data ini, kamu sekali lagi akan berhadapan dengan data dan grafik dan bagaimana cara membaca nya yang akan dikonversikan ke persentase maupun bilangan untuk mencari jawaban yang tepat untuk setiap pertanyaan.

Ketelitian serta kalkulasi yang tepat sangat dibutuhkan dalam menjawab atau mengerjakan tes psikotes penalaran interpretasi data ini. Terdapat dua gambar yang akan disajikan untuk setiap gambar ada 5 pertanyaan pilihan ganda yang harus kamu selesaikan dengan benar.

Latihan psikotes penalaran interpretasi data ini bermanfaat bagi kamu untuk melatih cara menghitung persentase pada sebuah grafik mengenai data pertumbuhan atau perbandingan sebuah data. Dibutuhkan logika yang kuat ketika berhadapan dengan tes psikotes penalaran interpretasi data.

Latihan soal-soal psikotes dalam blog psikotes.tipscv.com ini juga berguna bagi kamu yang sedang persiapan dalam menghadapi ujian psikotes kerja pada sebuah perusahaan dimana kamu sedang melamar pekerjaan saat ini maupun yang akan datang.

Untuk latihan soal-soal psikotes online dan interaktif lainnya, kamu bisa kerjakan pada daftar psikotes online yang terdiri dari berbagai latihan psikotes online seperti tes psikometri, tes kemampuan spasial, psikotes numerik, deret angka, acak kata dan psikotes lainnya.

Selanjutnya adalah, gambaran soal-soal psikotes kerja pada umumnya juga dapat kamu baca pada contoh soal psikotes kerja dan kunci jawaban serta file download soal-soal psikotes tersebut sudah tersedia untuk kamu gunakan sebagai referensi dalam mempersiapkan diri untuk psikotes kerja nanti.

Mari kita masuk ke tes psikotes penalaran interpretasi data berikut ini. Selamat mengerjakan ya. Perhatikan gambar dibawah ini: (Hati-hati mengerjakannya, sekali klik, jawaban langsung muncul)

Tes Psikotes Penalaran Interpretasi Data

Gambar diatas untuk mengerjakan soal No. 1 – 5. Tabel diatas menunjukkan jumlah kertas nano teknologi yang dipublikasikan oleh beberapa Universitas ternama di US selama periode 6 tahun. Gunakan informasi diatas untuk menjawab pertanyaan berikut ini:

1. Berapa banyak kertas yang dipublikasikan oleh para peneliti di Universitas Yale di tahun 2002?
2. Pada tahun berapa para peneliti di Universitas Stanford mempublikasikan kertas paling banyak?
3. Pada tahun berapa pertama kali para peneliti di Universitas Duke dan Yale mempublikasikan kertas dengan jumlah yang sama?
4. Tahun berapa para peneliti di Universitas Princeton mempublikasikan lebih banyak kertas dari Universitas Harvard?
5. Universitas mana yang mempublikasikan kertas paling besar ke-2 selama periode tersebut?

Gambar berikut ini untuk pertanyaan No. 6 – 10. Perhatikan gambar dibawah ini:

Tes Psikotes Penalaran Interpretasi Data

Soal selanjutnya sedikit lebih menantang! Grafik diatas menunjukkan persentase mahasiswa untuk setiap Fakultas di Universitas North West dan jumlah mahasiswa Non-US pada Fakultas Seni dan Budaya. Semua persentase sudah dipecahkan dari total keseluruhan mahasiswa pada Universitas tersebut.

Untuk mencari total mahasiswa keseluruhan, lihat patokan dari total jumlah mahasiswa Fakultas Seni dan Budaya sebanyak 1049. Gunakan informasi ini untuk menjawab pertanyaan berikut:

6. Berapa persen mahasiswa Non-US pada Fakultas Seni dan Budaya?
7. Berapa banyak mahasiswa di Fakultas Teknik (Engineering)?
8. Berapa total mahasiswa pada Universitas tersebut?
9. Bila 6% mahasiswa Fakultas IPA (Science) adalah orang Asia, berapa jumlah mahasiswa orang Asia pada Fakultas tersebut?

10. Ada 34 mahasiswa Eropa di Fakultas Kedokteran (Medicine). Berapa persentase dari 34 orang tersebut?


Baca: Latihan Soal Psikotes Aritmatika

Tes Psikotes Penalaran Interpretasi Data
4.2 (84.29%) 14 votes

Foto credit: shutterstock
Ref: psychometric-success.com

Please help share this


2 thoughts on “Tes Psikotes Penalaran Interpretasi Data”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *